Jumat, 24 Februari 2012

klo ada yang nmau tau kloning ni artinya!! kloninng


by tovan prastio

Apakah Kloning itu ?



Kloning - Kloning berasal dari bahasa yunani kuno, clone, yang artinya ranting atau cangkokan. Clone dalam bahasa inggris artinya penghasilan makhluk hidup baru tanpa proses seksual. Istilah Clone di kemukakan pertama kali oleh Herbert Webber pada 1903. Percobaan kloning sudah banyak dilakukan oleh banyak pakar seperti Robert Brigs dan Thomas J. King kloning pada katak, kemudian John B. Gurdon pada katak juga, dan Steen Willadsen mengklone sapi pada tahun 1986.

Pada tahun 1996, Ian Wilmut melakukan kloning pada domba dengan 277 percobaan dan hanya 29 yang berhasil menjadi embrio serta hanya satu yang berhasil dilahirkan yaitu domba kloning yang terkenal yaitu Dolly.

Tahapan - tahapan daripada kloning adalah sebagai berikut, pertama - tama ilmuan akan mengambil sel telur dari domba A, dan sel somatik(sel tubuh) dari domba B. Kemudian, nukleus dari sel telur domba A dihilangkan, dan Nukleus dari sel somatik domba B diambil kemudian nukleusnya tersebut di transplantasikan ke sel telur domba A yang sudah tidak berinti tadi sehingga sel telur tersebut mempunyai inti lagi dari inti sel somatik domba B. Kamudian, sel telur tadi akan berkembang menjadi embrio dan setelah menjadi embrio maka embrio tersebut akan ditanam ke rahim domba A. Ketika anak domba hasil kloning tadi lahir, maka anak domba tersebut akan sama persis dengan B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar